KAINUSA.ID - { E-commerce Kain Nusantara }

PERLU BANTUAN?

Phone
(+62)-896-5252-9695
LINE/SMS/WhatsApp
(+62)-896-5252-9695

Batik Mega Mendung

SKU: 1606A026

Availability: 1

Motif Mega Mendung merupakan batik pesisir yang dipengaruhi budaya Cina. Mega berarti awan, sedangkan mendung berarti cuaca yang sejuk (pertanda turun hujan), sehingga mega mendung dapat dikatakan sebagai kondisi awan saat akan turun hujan. Pesan yang dibawa oleh motif ini adalah agar seseorang mampu meredam amarahnya dan senantiasa membawa kesejukan.

Ada pula yang berpendapat bahwa motif mega mendung merupakan simbolisasi proses hidup manusia. Garis yang tidak putus menggambarkan proses kehidupan dari mulai lahir, tumbuh, mati dan kehidupan setelah mati. Dahulu awan dalam motif mega mendung memiliki 7 gradasi warna, yang merupakan lambang dari 7 lapis langit, 7 lapis tanah, dan 7 hari dalam seminggu. Namun seiring perkembangannya, gradasi dalam motif awan di batik mega mendung tidak selalu berjumlah 7.



Lihat Gambar Detail
Rp 135,000

Details

Motif Mega Mendung merupakan batik pesisir yang dipengaruhi budaya Cina. Mega berarti awan, sedangkan mendung berarti cuaca yang sejuk (pertanda turun hujan), sehingga mega mendung dapat dikatakan sebagai kondisi awan saat akan turun hujan. Pesan yang dibawa oleh motif ini adalah agar seseorang mampu meredam amarahnya dan senantiasa membawa kesejukan. Ada pula yang berpendapat bahwa motif mega mendung merupakan simbolisasi proses hidup manusia. Garis yang tidak putus menggambarkan proses kehidupan dari mulai lahir, tumbuh, mati dan kehidupan setelah mati. Dahulu awan dalam motif mega mendung memiliki 7 gradasi warna, yang merupakan lambang dari 7 lapis langit, 7 lapis tanah, dan 7 hari dalam seminggu. Namun seiring perkembangannya, gradasi dalam motif awan di batik mega mendung tidak selalu berjumlah 7.

Additional Information

Warna Dasar Merah
Panjang x Lebar 224 x 107 cm
Jenis Kain Katun Primisima
Teknik Produksi Batik Tulis
Jenis Pewarna Pewarna Sintetis
Asal Daerah Trusmi, Cirebon

Product Tags

Use spaces to separate tags. Use single quotes (') for phrases.