9 Kesalahan Memakai Minyak Rambut

Catat, 9 Kesalahan Memakai Minyak Rambut yang Bikin Rontok

9 Kesalahan Memakai Minyak Rambut Minyak rambut merupakan salah satu produk perawatan rambut yang kaya akan manfaat. Rutin mengoleskan minyak rambut dapat menutrisi dan melembabkan kulit kepala sehingga meningkatkan kesehatan rambut.

Namun demikian, perawatan menggunakan minyak rambut harus dilakukan dengan benar guna memaksimalkan manfaatnya. Sayangnya, masih dijumpai sejumlah kesalahan memakai minyak rambut yang justru mengakibatkan rambut berminyak dan rontok.

Kesalahan memakai minyak rambut

Berikut beberapa contoh kesalahan memakai minyak rambut, seperti di lansir dari Vogue India dan NDTV.  Namun, perlu dicatat bahwa kondisi rambut setiap orang berbeda-beda, sehingga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi masalah rambut.

1. Mendiamkan minyak rambut semalaman

Ada perbedaan pendapat mengenai mendiamkan minyak rambut semalaman. Melansir dari Healthline, membiarkan rambut dilapisi minyak semalaman dapat memaksimalkan khasiatnya.

Namun, catatan dalam NDTV dan Vogue India tidak sependapat. Di sarikan dari kedua sumber tersebut, mendiamkan minyak rambut semalaman justru dapat menyumbat pori-pori dan folikel, bahkan berpotensi menimbun kotoran di rambut.

Idealnya, setelah di oleskan ke rambut, minyak rambut di diamkan selama 3-4 jam, kemudian bilas hingga bersih. Oleh sebab itu, kamu perlu bertanya kepada dokter spesialis kulit mengenaikan perawatan tersebut guna menyesuaikan dengan kondisi rambutmu.

2. Mengoleskan minyak pada rambut berminyak

Rambut berminyak dapat menarik debu, kotoran, bahkan mikroorganisme. Karenanya, mengolesi minyak rambut pada rambut berminyak justru memperburuk kondisinya.

Selain itu, menggunakan minyak rambut pada rambut berminyak dapat semakin menyumbat pori-pori. Sebaiknya, kamu mengatasi permasalahan rambut berminyak sebelum melakukan perawatan menggunakan minyak rambut.

Salah satu solusinya dengan mengoleskan gel lidah buaya, seperti di lansir dari Vogue India, lantaran dapat menenangkan kulit kepala dan melembutkan rambut tanpa membuatnya berminyak atau menggumpal.

3. Hindari pakai minyak pada rambut rontok

Berbeda dengan pendapat umum, ternyata menggunakan minyak pada rambut rontok tidak selalu efektif. Sebab, ada berbagai penyebab rambut rontok, sehingga kamu perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit guna mengetahui kondisinya.

Minyak rambut akan membantu mengatasi rambut rontok hanya jika penyebabnya adalah akar rambut kering. Sebab, minyak rambut bisa memperkuat akar sehingga mencegah rambut rontok.

4. Hindari pakai minyak jika ada ketombe

Penggunaan minyak rambut pada kulit kepala hanya akan memperburuk ketombe. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan masker rambut yang dapat menghidrasi kulit kepala, misalnya masker gel lidah buaya.

Gunakan masker lidah buaya seminggu sekali untuk menghidrasi kulit kepala sehingga dapat menghidrasi dan mengurangi kulit kering.

5. Hindari menyisir rambut setelah pakai minyak

Menyisir rambut setelah diolesi minyak atau dalam kondisi basah justru dapat menyebabkan kerusakan, karena rambut berada dalam keadaan sensitif.

Jadi, cobalah menyisir rambut sebelum pakai minyak. Kamu juga bisa menyisi rambut sambil menggunakan kondisioner agar lebih lembap.

6. Hindari membungkus rambut pakai handuk

Jika kamu tidak berhati-hati saat membungkus rambut pakai handuk, maka rambut bisa patah.

Daripada menggunakan handuk untuk membungkus rambut, para ahli menyarankan untuk menggunakan kain katun guna membantu penyerapan minyak.

Baca juga: 5 Kesalahan saat Mencukur Bulu Ketiak

7. Hindari mengikat rambut

Ketegangan akibat mengikat rambut dapat merusak helaian rambut dengan mudah. Jika kita tidak berhati-hati, mengikat rambut justru dapat menyebabkan rambut bercabang dan rontok.

8. Hindari pakai minyak rambut berlebih

Menggunakan terlalu banyak minyak rambut dapat membuat proses mencuci rambut semakin sibuk.

Selain itu, pemakaian minyak rambut berlebihan berisiko meninggalkan sisa minyak di rambut yang justru dapat menyumbat pori-pori. Kondisi ini dapat membuat kulit kepala dehidrasi dan berminyak.

Selain itu, menggunakan minyak rambut berlebih tidak berarti kamu akan mendapatkan manfaat ekstra. Jika ingin mendapatkan manfaat minyak rambut secara maksimal maka gunakan secukupnya, namun rutin dengan cara yang tepat.

9. Jangan memijat terlalu lama

Memijat kepala dalam jangka waktu lama dapat merusak atau melemahkan helai rambut dan mengubah teksturnya.  Selain itu, memijat rambut terlalu lama dapat menghasilkan lebih banyak simpul yang dapat menyebabkan kerusakan rambut di kemudian hari.

Related Posts

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

Hindari, 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut Bereksperimen dengan gaya atau produk rambut baru dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan diri. Namun, para…

6 Jenis Minyak Rambut Laki-laki

6 Jenis Minyak Rambut Laki-laki agar Terlihat Basah dan Lemas 6 Jenis Minyak Rambut Laki-laki Minyak rambut menjadi salah satu produk penata rambut (hair styling) yang dapat menunjang penampilan para…

You Missed

Studio animasi di balik Neon Genesis Evangelion bangkrut

  • By admin
  • Juni 12, 2024
  • 41 views
Studio animasi di balik Neon Genesis Evangelion bangkrut

Bad Boys: Ride or Die raup 104 juta dolar AS

  • By admin
  • Juni 12, 2024
  • 17 views
Bad Boys: Ride or Die raup 104 juta dolar AS

Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan

  • By admin
  • Juni 6, 2024
  • 29 views
Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan

9 Tips Memulai Bisnis Batik

  • By admin
  • Juni 6, 2024
  • 33 views
9 Tips Memulai Bisnis Batik

8 Cara Memulai Usaha Pakaian

  • By admin
  • Juni 6, 2024
  • 26 views
8 Cara Memulai Usaha Pakaian

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

  • By admin
  • Mei 22, 2024
  • 41 views
5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut