8 Destinasi Wisata Mudik Kereta Api ke Garut

Jelajahi 8 Destinasi Wisata ini Ketika Mudik dengan Kereta Api ke Garut

8 Destinasi Wisata Mudik Kereta Api ke Garut yang mau mudik ke Garut, sekarang sudah bisa menggunakan transportasi kereta api. Jika kamu dari Jakarta kamu bisa menaiki Kereta Api Cikuray dari Stasiun Pasar Senen. Menariknya, Kereta Api Cikuray menggunakan rangkaian kereta ekonomi dengan 80 tempat duduk dan konfigurasi 2-2 berhadapan. Untuk jam keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 17:55 dan akan tiba di Stasiun Garut pukul 00:53 dini hari.

Selain dari Jakarta, terdapat juga kereta api lokal Garut Cibatuan dari Stasiun Purwakarta. Seperti umumnya kereta api lokal, Kereta Api Garut-Cibatuan menggunakan kereta ekonomi 106 tempat duduk dengan 2-3 berhadapan. Tersedia 2 jadwal keberangkatan dari Purwakarta, keberangkatan pukul 04.10, lalu tiba di Garut pukul 10.29 dan keberangkatan pukul 16.15, lalu tiba di Garut pukul 22.23

Untuk pembelian tiket keretanya, dapat membelinya melalui aplikasi KAI-Access, web kai.id, loket stasiun, serta channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Setelah sampai di Garut, enaknya ke mana, ya? Garut juga dikenal dengan julukan Swiss Van Java, Sob. Pemandangan alam Garut yang indah layaknya di Swiss ini karena Garut punya deretan pegunungan yang luas hingga hamparan persawahan. Mirip dengan Pegunungan Alpen di Eropa. Nah, berikut rekomendasi wisata di Garut yang bisa kamu kunjungi.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan destinasi hiking paling populer di Garut.  Dengan ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dan lanskap yang beragam.

Sepanjang jalan kaki, kamu bisa menikmati keindahan sejumlah kawah yang cukup terkenal, seperti Kawah Baru, Kawah Mas, Kawah Manuk, dan Kawah Ngaklak yang memiliki pemandangan memukau, khususnya ketika matahari terbit berselimut kabut tipis di sekitarnya.

2. Cipanas Garut

Cipanas Garut adalah destinasi wisata alam yang terkenal dengan sumber air panasnya. Meskipun agak jauh dari stasiun kereta api, tempat ini masih dapat kamu jangkau dengan mudah menggunakan transportasi lokal.

Kamu dapat berendam di air panas alami yang dipercaya memiliki khasiat penyembuhan, sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Baca juga: 15 Hotel Terbaik untuk Liburan Keluarga

3. Situ Bagendit

Situ Bagendit merupakan danau alami berhiaskan bunga teratai cantik yang terletak di lereng Gunung Tilu.

Lokasinya yang indah dan udaranya yang segar menjadikan Situ Bagendit tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam Garut. Fasilitas tambahan untuk kamu yang mau berperahu atau memancing, di sini juga sudah disediakan penyewaannya, Sob.

4. Kawah Darajat

Kawah Darajat adalah tempat wisata alam yang juga terkenal dengan sumber air panasnya. Kawasan sekitar Kawah Darajat menawarkan pemandangan yang memikat, terutama saat matahari terbenam. Tempat healing di Garut ini cocok untuk jadi tempat  bersantai setelah perjalanan panjang.

5. Kampung Pulo

Kampung Pulo adalah perkampungan adat Sunda yang berada dalam wilayah Desa Cangkuang, Kecamatan Leles. Menjadi salah satu cagar budaya dan kawasan pariwisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut. Sebab ini juga terdapat Candi Cangkuang yang mempunyai nilai sejarah tersendiri.

Dapat memahami dan mengetahui keunikan dari kearifan lokal yang masih dijaga hingga kini di Kampung Pulo.

6. Curug Sanghyang Taraje

Rekomendasi wisata Garut selanjutnya adalah air terjun indah yang bernama Curug Sanghyang Taraje. Letaknya di lembah Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut, Jawa Barat.

Curug Sanghyang Taraje ini memiliki ketinggian 82 meter dan berada di dekat kawasan hutan.

Curug ini mempunyai pemandangan indah dengan legenda yang diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat Sangkuriang menyimpan bintang yang dijaga belut raksasa.

7. Pantai Santolo

Selain pegunungan, Garut juga memiliki pantai, Sob. Pantai Santolo terletak di Desa Pameungpuek, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Selain hamparan pasir putih dan birunya air laut, di sisi kanan Pantai Santolo ada deretan pepohonan hijau yang menutupi kaki Gunung.

Banyak aktifitas yang dapat kamu lakukan di pantai ini. Tersedia perahu sewaan untuk kamu yang ingin menikmati ombak laut selatan. Bagi yang senang memancing, Pantai Santolo juga merupakan salah satu spot mancing. Selain itu kamu juga bisa berkeliling pantai dengan jalan kaki sambil menikmati pemandangan sekitar.

Beberapa tempat yang dapat menjadi spot foto di Pantai Santolo, seperti daerah dekat Pulau Santolo kecil, sepanjang bibir pantai, maupun jembatan tua Pulau Santolo. Kamu juga dapat menikmati hidangan laut segar di pantai ini.

8. D Leuwi Garut

D Leuwi Garut adalah tempat camping ground yang menawarkan pengalaman menginap di tepi sungai. Wisata Garut ini dekat Stasiun Kereta Api dengan jarak 4,4 km.

Selain menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, D Leuwi yang berlokasi di Kampung Panauwan, Jalan Pembangunan, Tarogong, Kabupaten Garut ini, juga menjadi tempat healing di Garut yang menawarkan harga terjangkau.

Itulah rekomendasi wisata di Garut yang dapat jelajahi ketika mudik atau saat libur Lebaran ke garut.

Related Posts

Studio animasi di balik Neon Genesis Evangelion bangkrut

Studio animasi di balik “Neon Genesis Evangelion” menyatakan bangkrut Studio animasi di balik Neon Genesis Evangelion bangkrut serial animasi (anime) populer “Neon Genesis Evangelion” menyatakan bangkrut setelah bertahun-tahun mengalami permasalahan…

Bad Boys: Ride or Die raup 104 juta dolar AS

“Bad Boys: Ride or Die” raup 104 juta dolar AS pada penayangan perdana Bad Boys: Ride or Die raup 104 juta dolar AS Film “Bad Boys: Ride or Die” yang…

You Missed

Studio animasi di balik Neon Genesis Evangelion bangkrut

  • By admin
  • Juni 12, 2024
  • 41 views
Studio animasi di balik Neon Genesis Evangelion bangkrut

Bad Boys: Ride or Die raup 104 juta dolar AS

  • By admin
  • Juni 12, 2024
  • 17 views
Bad Boys: Ride or Die raup 104 juta dolar AS

Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan

  • By admin
  • Juni 6, 2024
  • 29 views
Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan

9 Tips Memulai Bisnis Batik

  • By admin
  • Juni 6, 2024
  • 33 views
9 Tips Memulai Bisnis Batik

8 Cara Memulai Usaha Pakaian

  • By admin
  • Juni 6, 2024
  • 26 views
8 Cara Memulai Usaha Pakaian

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

  • By admin
  • Mei 22, 2024
  • 41 views
5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut