6 Tips Jual Perhiasan Emas Online

6 Tips Jual Perhiasan Emas Online yang Perlu Diperhatikan

6 Tips Jual Perhiasan Emas Online Sifatnya yang mudah dibentuk membuat emas bisa dibuat menjadi beragam perhiasan sebagai aksesori. Kini, kamu bisa melakukan jual beli emas dengan mudah melalui internet.

Selain digunakan untuk kebutuhan fashion karena nilai estetikanya, perhiasan emas juga banyak digunakan sebagai simpanan aset oleh masyarakat.

Logam mulia yang satu ini dinilai memiliki risiko kerugian yang kecil, sehingga banyak dijadikan pilihan investasi.

Jika dahulu aktivitas menjual dan membeli emas dilakukan secara konvensional dengan transaksi tatap muka di toko, maka kini kamu bisa jual perhiasan emas online.

Tidak hanya lebih mudah dan cepat, ada berbagai keuntungan lain yang bisa kamu dapat.

Jual perhiasan emas online relatif lebih terjangkau harganya dibandingkan menjualnya secara langsung melalui toko emas.

Pasalnya, jual perhiasan emas online tidak mengharuskan kamu untuk membayar sewa toko fisik.

Aktivitas jual beli emas online juga di nilai lebih aman dan nyaman. Apalagi, di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Belanja online bisa menjadi pilihan yang bijak untuk meminimalkan penularan virus corona.

Ada berbagai jenis perhiasan emas yang bisa kamu jual secara online.

Umumnya, jenis-jenis perhiasan tersebut di bedakan dari bahan emas yang di gunakan. Berikut 6 Tips Jual Perhiasan Emas Online penjelasannya:

1. Emas Kuning

Emas kuning merupakan bahan perhiasan yang paling umum di gunakan. Jenis emas yang satu ini terbentuk secara alami dan merupakan bentuk logam paling murni.

Biasanya, perhiasan yang terbuat dari emas kuning akan di campurkan dengan logam lain, seperti perak, seng, dan tembaga.

Melansir laman Jewelry Informer, emas kuning sebenarnya hadir dalam berbagai warna, tergantung pada proporsi logam yang berbeda dalam paduannya.

Rona yang lebih terang atau sedikit hijau menunjukkan kandungan perak yang lebih tinggi, sedangkan warna yang lebih gelap atau kemerahan biasanya berarti kandungan tembaga yang lebih tinggi.

Ada dua varian perhiasan emas kuning yang sering di jual, yaitu 14K dengan kandungan emas murni 58,5%, tembaga 29%, fine silver 12,5% dan 18K yang terdiri dari emas murni 75%, tembaga 15%, fine silver 10%.

2. Emas Putih

Emas putih bahan perhiasan yang umumnya di gunakan untuk membuat cincin. Paduan emas kuning dan logam putih, dan terkadang juga tembaga.

Semakin sedikit emas dan tembaga yang di gunakan dalam paduan logam, maka akan semakin putih warnanya.

Perhiasan emas putih biasanya di lapisi dengan rhodium sehingga membuatnya lebih putih.

Terdapat dua varian perhiasan emas putih, yaitu 14K yang terdiri dari emas murni 58,3%, tembaga 23%, nikel 11%, seng 7,7% dan 18K yang memiliki kadar emas murni 75%, tembaga 10%, nikel 8%, seng 4,5%, perak 2,5%.

3. Emas Rose Gold

Emas rose gold di kenal juga sebagai emas merah muda atau emas merah. Yang satu ini merupakan hasil paduan emas murni dengan tembaga yang memiliki semburat merah.

Warna emas rose gold ini juga sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada proporsi tembaga yang di campur dengan emas. Semakin besar kandungan tembaga, maka akan semakin merah pula warna akhirnya.

Emas rose gold biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau daripada emas lainnya karena menggunakan tembaga yang lebih murah untuk pewarnaannya.

Karena kandungan tembaganya, emas rose gold juga lebih tahan lama daripada emas kuning atau putih.

Ada dua varian perhiasan emas rose gold yang umum di pasarkan, yakni 14K dengan kadar emas 58%, tembaga 32%, perak 10% dan 18K yang memiliki emas 75%, tembaga 22,25%, perak 2,75%.

ah, setelah mengetahui jenis-jenis perhiasan emas. Berikut beberapa tips jual perhiasan emas online yang bisa kamu coba:

1. Cari Tahu Harga Emas Terkini

Saat memutuskan untuk jual perhiasan emas online, sebaiknya kamu mencari tahu harga emas terkini di pasaran.

Perlu kamu ketahui bahwa harga emas cenderung fluktuatif. Maka, harga emas bisa tinggi atau sebaliknya tergantung pasar.

Jadi, kamu bisa mendapatkan harga jual emas yang sepadan. Jangan sampai merugi karena harga jual yang tidak sesuai.

2. Ketahui Kadar Emas pada Perhiasan

Selain memperhatikan harga, kamu juga perlu mengetahui kadar emas yang ada di dalam perhiasan kamu.

Biasanya, semakin tinggi kadar emasnya, akan semakin besar pula harga jualnya.

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, coba cari tahu berapa jumlah kadar emas pada perhiasanmu.

Mengetahui kadar emas juga bisa membantu kamu memperkirakan kisaran harga. Jadi, tidak akan mudah di kelabui oleh oknum tak bertanggungjawab.

3. Pastikan Surat Kepemilikan Emas Lengkap

Layaknya menjual perhiasan emas konvensional, kamu juga perlu memastikan kelengkapan surat saat jual perhiasan emas online.

Dengan begitu, orang yang akan membeli bisa percaya bahwa kamu memang orang yang memiliki perhiasan emas tersebut.

Apabila kamu tidak memiliki bukti kepemilikan emas dalam bentuk surat, kwitansi, atau sertifikat, biasanya harga perhiasan akan lebih rendah. Jadi, mungkin kamu akan merugi.

Baca juga: 9 Jenis Usaha Pakaian yang Bisa Jadi Ide Bisnis

4. Perhatikan Kondisi Perhiasan

Perhiasan emas memiliki nilai yang berbeda dengan emas batangan yang berbentuk logam mulia asli tanpa bahan logam lainnya.

Oleh sebab itu, kamu perlu merawat perhiasan emas secara hati-hati agar kondisinya tetap baik ketika hendak di jual kembali.

Jadi, perhatikan cara pemakaian dan perawatan perhiasan emas agar kamu bisa mendapatkan harga jual yang sesuai tanpa rugi.

5. Cari Platform yang Tepercaya

Tips jual perhiasan emas online lainnya, yakni usahakan untuk mencari platform terpercaya.

Meski ada banyak sekali website di internet yang bisa kamu gunakan untuk berjualan emas, tidak semuanya aman.

Jadi, cermatlah dalam memilih platform untuk jual-beli perhiasan emas secara online.

Selain menjaga keamanan pembayaran, platform yang tepercaya juga akan menggunakan jasa kirim perhiasan emas yang aman untuk kamu.

6. Jual di Waktu yang Tepat

Hal lain yang perlu kamu perhatikan sebelum jual perhiasan emas online, yakni cari waktu yang tepat.

Maksudnya adalah memperhatikan jangka waktu pembelian dan penjualan emas kembali.

Jika kamu ingin untung, pastikan untuk menjual emas dalam waktu yang cukup lama dari waktu membelinya.

Seiring waktu berjalan, akan ada waktu di mana emas tersebut mengalami kenaikan harga. Jadi, hindari untuk membeli dan menjualnya kembali di waktu yang berdekatan.

Risiko Jual Perhiasan Online

Jual perhiasan secara online memiliki sejumlah risiko yang perlu di pertimbangkan oleh penjual.

Berikut ini adalah beberapa risiko yang umum terkait dengan bisnis jual-beli perhiasan secara daring:

  1. Keamanan Transaksi: Transaksi online rentan terhadap penipuan dan pelanggaran keamanan data. Penjual harus memastikan bahwa platform e-commerce mereka di lengkapi dengan protokol keamanan yang kuat untuk melindungi informasi pembeli dan transaksi mereka dari serangan cyber.
  2. Pemalsuan: Industri perhiasan sering menjadi target pemalsuan. Penjual online harus mewaspadai produk palsu atau tiruan yang dapat merusak reputasi merek mereka dan menyebabkan kehilangan kepercayaan dari pelanggan.
  3. Kerugian Pengiriman: Perhiasan adalah barang berharga yang rentan terhadap kehilangan atau kerusakan saat pengiriman. Penjual harus memastikan bahwa paket mereka di asuransikan dan di kemas dengan baik untuk mengurangi risiko kerugian selama pengiriman.
  4. Kebijakan Pengembalian: Kebijakan pengembalian yang tidak jelas atau tidak fleksibel dapat menimbulkan masalah bagi penjual perhiasan online. Pelanggan mungkin memilih untuk berbelanja di tempat lain jika mereka merasa tidak puas dengan kebijakan pengembalian atau pelayanan pelanggan yang buruk.

Dengan memahami dan mengelola risiko-risiko ini dengan bijaksana, penjual perhiasan online dapat meningkatkan peluang kesuksesan mereka dan membangun bisnis yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

Itu dia jenis-jenis perhiasan emas yang perlu kamu ketahui dan cara jual perhiasan emas online yang harus kamu perhatikan. Semoga informasinya bisa bermanfaat bagi kamu, ya!

Related Posts

Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan

7 Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan, JAKARTA – Thrift shop menjadi salah satu bisnis yang ramai saat ini. Terutama mengingat banyaknya generasi muda…

9 Tips Memulai Bisnis Batik

9 Tips Memulai Bisnis Batik dari Rumah 9 Tips Memulai Bisnis Batik , kain tradisional Indonesia yang sudah populer seantero negeri. Batik Indonesia di akui sebagai Warisan Budaya Tak Benda…

You Missed

Studio animasi di balik Neon Genesis Evangelion bangkrut

  • By admin
  • Juni 12, 2024
  • 42 views
Studio animasi di balik Neon Genesis Evangelion bangkrut

Bad Boys: Ride or Die raup 104 juta dolar AS

  • By admin
  • Juni 12, 2024
  • 17 views
Bad Boys: Ride or Die raup 104 juta dolar AS

Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan

  • By admin
  • Juni 6, 2024
  • 30 views
Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan

9 Tips Memulai Bisnis Batik

  • By admin
  • Juni 6, 2024
  • 33 views
9 Tips Memulai Bisnis Batik

8 Cara Memulai Usaha Pakaian

  • By admin
  • Juni 6, 2024
  • 27 views
8 Cara Memulai Usaha Pakaian

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

  • By admin
  • Mei 22, 2024
  • 42 views
5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut